Mozilla Firefox, si Browser Rakyat  Firefox 4 Launch Party yang  digelar secara global mengambil tema "Team Forefox". Tapi, ketika dibawa  ke tanah air, tema tersebut dilokalkan menjadi "Browser Rakyat". Apa  maksudnya Browser Rakyat?
Viking Karwur, manager Komunitas Firefox  Indonesia mengatakan, awal meeting untuk menentukan tema lokal, market  share Firefox tertinggi, yakni 80 persen.  Melihat fakta tersebut,  Viking berpikir bahwa Firefox digunakan oleh sebagian besar rakyat  pengguna internet. Rakyat yang dimaksud tentu seluruh masyarakat, tak  terbatas kelasnya.   "Mulai yang pakai di warnet atau yang pakai dengan  laptopnya, sebagian besar memakai Firefox," katanya.
Hal itu  didukung dengan fakta bahwa Indonesia adalah pengunduh Firefox 4  terbesar kedua di Asia setelah India.   "Jadilah kita ambil tema browser  rakyat," cetus Viking.
Ia menambahkan, "Kalau yang lain market  share 80 persen itu sudah dibilang monopoli. Tapi kita pasti tidak.  Orang kita nggak ada iklan segala macam kok."
Viking mengatakan  bahwa besarnya pengguna Firefox disebabkan karena faktor kepercayaan dan  penyebaran mulut ke mulut. "Satu orang pakai dan dianggap bagus, lalu  disebarkan ke yang lainnya," kata Viking.
Pengunduh Firefox 4 di  Tanah Air tercatat 3,3 juta. Jumlah ini termasuk yang terbesar di Asia.  Dengan market share 80 persen maka Indonesia juga negara dengan market  share tertinggi di dunia.
Antusiasme terhadap Firefox juga  ditunjukkan dengan banyaknya orang mendaftar Firefox 4 Launch Party yang  diadakan di enam kota besar di Indonesia. Tercatat, 200-an orang hadir  dalam acara di Yogyakarta kemarin dan 230-an telah mendaftar untuk hadir  dalam event yang diadakan di Jakarta malam ini.   Firefox 4 Launch  Party di Jakarta diselenggarakan di Teater Atap Salihara, Pasar Minggu,  Jakarta Selatan.

 
No comments:
Post a Comment